Recent comments

IBX5AB36BF0DE138

Breaking News

AC Rusak? Coba Perbaiki Sendiri Sebelum Andalkan Jasa Service AC


Sebagian orang menganggap Air Conditioner (AC) sebagai kebutuhan yang sangat penting. Untuk kenyamanan bekerja saat di kantor digunakan Air Conditioner. Disamping itu pemakaian AC di rumah juga diperlukan agar udara senantiasa bersih. Namun masalah akan muncul ketika tiba-tiba AC tidak bekerja dengan seharusnya. Itu artinya Anda harus segera menghubungi jasa service AC.
Agar umur pemakaian AC menjadi lebih lama, Anda dapat melakukan service AC sendiri di rumah. Lebih dari itu AC yang dirawat dengan baik tidak akan mudah rusak. Mengingat AC ini berfungsi menjadi filter udara yang Anda hirup, maka saat AC rusak atau kotor harus segera diperbaiki maupun dibersihkan. Jangan sampai Anda dan keluarga menghirup udara kotor dari AC yang bermasalah.
Perlu diketahui bahwa udara kotor yang berada di dalam ruangan jauh lebih beresiko dibandingkan udara kotor yang ada di luaran. Hal ini karena udara yang berkutat dalam sebuah ruangan tidak akan mengalami pergantian secara cepat. Apalagi jika AC rusak tetap Anda nyalakan, yang artinya jendela dimungkinkan tertutup sehingga udara kotor akan terus berada di ruangan rumah.
Jika AC di rumah telah rusak, tidak ada salahnya Anda mencoba melakukan perbaikan secara mandiri. Apabila masih tergolong kerusakan ringan, tidak perlu terburu-buru membawanya ke jasa service AC. Berikut adalah cara memperbaiki AC yang dapat dicoba.
Filter AC
Karena ukurannya yang sempit filter AC sulit untuk dibersihkan, memang kebanyakan ukuran filter pada AC berukuran sempit. Namun juga ada beberapa merk AC didesain dengan ukuran filter yang lebih besar sehingga memudahkan ketika membersihkannya, cukup dengan menggunakan tangan tanpa harus mencari alat bantu lain.
Buka filter dengan cara menarik keluar dengan perlahan, butuh kehati-hatian jika Anda baru melakukan untuk pertama kalinya, jika sudah terbiasa akan mudah membukanya.
Bersihkan Filter AC
Setelah filter AC berhasil dibuka Anda bisa membersihkannya. Jangan kaget kalau pada bagian ini banyak debunya. Anda dapat memanfaatkan kuas untuk membersihkan debu yang menempel pada filter, supaya lebih maksimal dalam membersihkannya gunakan kuas yang ukurannya sesuai dengan besar filter.
Anda juga dapat menggunakan vacum cleaner untuk menghilangkan debu yang masih tersisa biar benar-benar bersih, gunakan lap yang dibasahi sedikit air untuk membersihkan debu yang menempel.
Memasang Kembali
Setelah selesai dibersihkan, pasang kembali sesuai dengan posisi yang seharusnya. Saat memasang kembali filter sama dengan saat melepasnya, lakukan dengan perlahan jangan sampai terburu-buru jika tidak ingin ada yang patah pada komponen filter yang akan menyebabkan kerusakan. Setelah semua beres cek dan pastikan kembali apakah filter telah terpasang tepat pada dudukannya.
Itulah perawatan ringan yang bisa Anda lakukan sendiri saat di rumah tanpa harus mendatangkan teknisi. Manfaat yang bisa Anda dapatkan selain hemat biaya juga akan menjadikan umur pemakaian AC lebih lama karena rutin dalam merawat dan membersihkan AC.
Namun jika AC sudah terlanjur rusak dan masalahnya bukan berasal dari bersih atau tidaknya AC, akan lebih baik Anda mengandalkan perbaikan AC pada jasa service AC. Dengan begitu AC bisa kembali normal karena ditangani oleh ahlinya.

Tidak ada komentar