Recent comments

IBX5AB36BF0DE138

Breaking News

Apa Itu Asuransi Traveling & Apa Saja Jenisnya?

Tentu menyenangkan rasanya bila Anda bisa berlibur atau traveling dengan destinasi wisata yang selama ini Anda inginkan, keluar negeri misalnya. Namun, agar liburan lebih menyenangkan, lengkapi diri dengan asuransi perjalanan, ya! Apa itu asuransi traveling atau asuransi perjalanan? Sebenarnya sama dengan asuransi lainnya, berfungsi melindungi.
Bedanya, asuransi yang satu ini memberikan proteksi pada Anda selama dalam perjalanan baik itu untuk liburan, perjalanan bisnis ataupun sekolah di luar negeri. Saat ini ada banyak sekali perusahaan asuransi perjalanan yang ada di Indonesia. Mereka berusaha memberikan yang terbaik. Namun, Anda harus tahu jenis-jenisnya sebelum membeli, ya! Apa saja?

1. Berdasarkan Jangka Waktu
Untuk yang pertama adalah pembagian asuransi perjalanan berdasarkan jangka waktu. Untuk ini, asuransi dibagi menjadi dua bagian. Mereka adalah asuransi satu kali atau single trip insurance dan yang kedua adalah asuransi perjalanan tahunan atau annual travel insurance. Anda pasti bisa menebak perbedaan di antara dua jenis asuransi ini, kan?
Yup! Untuk asuransi satu kali, Anda hanya bisa melakukan perjalanan beberapa kali saja. Asuransi ini biasanya biaya preminya lebih rendah. Sedangkan untuk asuransi perjalanan tahunan adalah asuransi yang berlaku dalam jangka waktu lama. Ini sangat cocok untuk Anda yang sering melakukan perjalanan dinas berkali-kali dalam setahun.
2. Berdasarkan Jumlah Tertanggung
Setelah mengetahui pembagian asuransi berdasarkan jangka waktu, selanjutnya berdasarkan jumlah tertanggung. Pada pembagian ini, asuransi perjalanan juga dibagi menjadi dua bagian yakni asuransi perjalanan individu atau individual travel insurance dan asuransi perjalanan kelompok atau group travel insurance.
Anda juga pasti sudah bisa menebak apa yang membedakan kedua jenis asuransi ini, kan? Asuransi individu biasanya dibeli perorangan dan ditujukan untuk akun pribadi. Sedangkan untuk asuransi perjalanan kelompok, biasanya ditujukan untuk suatu perusahaan yang memberangkatkan karyawan bersama.
Pilihan asuransi perjalanan kelompok ini juga bisa jadi pilihan untuk Anda yang ingin liburan bersama keluarga. Jadi, sudah mengerti, kan apa itu asuransi traveling atau asuransi perjalanan berdasarkan jumlah tertanggungnya? Anda bisa memilihnya sesuai kebutuhan, ya!
3. Berdasarkan Tujuan Perjalanan
Pembagian berikutnya berdasarkan tujuan perjalanan. Sama dengan pembagian sebelumnya, pembagian jenis asuransi perjalanan dari segi ini juga dibagi menjadi dua kelompok yakni wisata dan bisnis. Asuransi perjalanan wisata ditujuakn untuk orang yang memiliki tujuan perjalanan untuk jalan-jalan atau wisata saja. Tanpa ada tujuan khusus lain.
Sedangkan untuk asuransi perjalanan bisnis, diperuntukkan untuk mereka yang sekolah ataupun bekerja di luar negeri. Keduanya memiliki perbedaan yang sangat terlihat dan dapat dipastikan manfaat yang diperoleh masing-masing pelanggan juga berbeda.
4. Berdasarkan Tempat Tujuan
Lalu, ada juga pembagian berdasarkan tempat tujuan. Maksud dari pembagian yang satu ini adalah untuk perjalanan domestik dan internasional. Meski sama-sama untuk perjalanan liburan, keduanya tetap memiliki perbedaan, ya! Perbedaan yang paling dapat dilihat di antara keduanya adalah besaran premi yang dibayarkan.
Biasanya, asuransi perjalanan internasional dibanderol lebih mahal dibanding asuransi perjalanan domestik. Sebab, hal ini dipengaruhi oleh biaya penanggungan dan kurs dari negara tujuan.
Itulah pembagian dari asuransi perjalanan yang harus Anda ketahui. Dengan begitu, saat Anda memutuskan untuk membeli asuransi perjalanan, Anda sudah tahu akan memilih jenis yang mana, kan? Jangan bilang Anda belum tahu apa itu asuransi traveling dan apa kegunaannya. Dengan asuransi ini, perjalanan Anda akan jadi perjalanan terbaik dan aman.

Tidak ada komentar